Jumat, 25 Februari 2011

Tulisan 3 (Perekonomian Indonesia)

PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL BISA CAPAI 6,4%

Jakarta, 10/2/2011 (Kominfo-Newsroom) Menteri Keuangan AgusMartowardojo mengatakan pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun inidiperkirakan bisa mencapai angka 6,4% meskipun Bank Duniamemprediksikan angka pertumbuhan yang lebih rendah.

Menurut Agus, keyakinan yang dimiliki pemerintah itu bukan hanyaucapan semata, melainkan pemerintah memiliki modal pertumbuhanekonomi pada kuartal IV-2010 yang mencapai 6,9%. “Jadi, kami harusoptimistis bisa lebih baik, kami akan buktikan bisa 6,4% tahunini,” kata Agus di Jakarta, Kamis (10/2).

Subham Chaudhuri, ekonom utama Bank Dunia, memprediksikan bahwapertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6,2% di 2011 dan 6,5% di2012. Pertumbuhan ekonomi itu, diperoleh dari masuknya arus modalinternasional dan harga komoditas yang meningkat. “Indonesia telahmenerima arus portofolio yang cukup tinggi yang tertarik oleh imbalhasil yang lebih baik tinggi dari prospek pertumbuhan yang kuat.Arus masuk ini membawa banyak keuntungan seperti biaya pembiayaanyang lebih rendah, namun juga meningkatkan ekonomi makro,” kataChauduri.

Beberapa waktu lalu Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatpertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2010 sebesar 6,1%. Pencapaiantersebut disebabkan pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV 2010 yangmencapai 6,9%. “Ini capaian tertinggi sepanjang triwulan 2010 dandibandingkan triwulan sebelumnya sejak 2008,” kata Kepala BPSRusman Heriawan.(T.Ia/dry)

http://www.depkominfo.go.id/berita/bipnewsroom/pertumbuhan-ekonomi-nasional-bisa-capai-64/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar