Jumat, 05 Oktober 2012

Tugas 1 (Reportase Jalan-Jalan "Danau Dora")


REPORTASE JALAN-JALAN “DANAU DORA”

Danau dora adalah sebuah danau yang terletak di cibinong, tepatnya lagi di komplek LIPI, danau dora termasuk lahan hijau yang dikelola oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) untuk mengurangi global warming.. kenapa di sebut danau dora? Semasa pembangunan danau ini banyak anak kecil yang bermain di danau ini.. dan memang pada saat itu film “ film dora the explorer” sedang memarak di kehidupan anak kecil. Jadilah danau itu di sebut danau dora.. tidak banyak yang mengetahui keberadaan danau ini namun seiring berjalannya waktu, banyak orang yang berkunjung  ke danau dora bahkan danau dora banyak di jadikan sebagai sarana tempat berolahraga atau jogging. Danau dora ramai di kunjungi pada saat bulan ramadhan, banyak  orang berdatangan ke danau dora sambil menunggu datangnya adzan maghrib. Ibu-ibu, bapak-bapak datang ke sana untuk membawa putera puterinya bermain. Disana tidak semata mata hanya ada danau saja. Disana juga ada bukit mini, pohon-pohon rindang dan rumput rumput gimbal. Disana juga di sediakan lahan untuk parker bagi yang membawa kendaraan.
Berikut ini foto foto danau dora yang tidak sengaja terpotret tangan.        
























 
   
Pada Minggu pagi tanggal 30 September 2012, saya dan teman saya bernama Ade pergi berlibur ke sebuah danau yang terletak di daerah Lipi-Bakos Pemda Bogor yaitu danau dora. Saya berkendara sepeda motor dari Jakarta ke Bogor dengan memboncengi Ade. Perjalanan cukup jauh kira-kira 1 jam setengah untuk mencapai danau tersebut. Setelah perjalanan yang cukup melelahkan akhirnya saya sampai ditujuan. Harga tiket masuk tidak mahal cukup Rp. 2000 saja, lalu saya mulai memasuki kawasan danau. Saya berjalan mengelilingi danau melihat air yang tertutupi daun teratai dan pohon besar disekeliling danau. Pemandangan danau yang asri dan indah serta tempat yang nyaman membuat saya senang berfoto-foto. Danaunya unik  karena dikelilingi jembatan kayu yang terlihat kekar. Udara yang segar dan rumput hijau semakin membuat danau terlihat mempesona.
Tetapi jarang ada penjual makanan dan minuman. Jadi, jika ingin makan harus keluar dari kawasan danau. Orang-orang disana sadar sekali akan kebersihan sehingga danau terlihat bersih bebas dari sampah. Berfoto didanau dora benar-benar mengasikkan.




           


        
Letak danau dora jauh dari rumah tapi saya tidak menyesal untuk datang lagi karena pemandangannya benar-benar asri dan indah. Akses untuk ke danau tidak sulit, dari Pemda Bogor tidak jauh dari situ. Orang-orang Jakarta belum banyak yang tahu karena danau dora belum banyak dikenal orang, kalau sudah banyak yang tahu pasti semakin banyak pengunjung yang datang untuk berfoto-foto. Hari sudah semakin sore saya bergegas pulang setelah puas mengelilingi danau dan berfoto-foto.
 Perjalanan jauh dan perut sudah lapar, di pinggur jalan ada penjual soto mie. Saya menikmati soto mie dan es dawet ireng, rasanya enak membuat perut kenyang. Selesai makan saya dan teman saya kembali melakukan perjalanan pulang berkendara sepeda motor. Dipinggir jalan, saya melihat pedagang buah. Buah itu mirip dengan buah kelapa ternyata itu adalah buah lontar. Saya penasaran untuk merasakan buah lontar. Saya membeli 4 buah dengan harga Rp. 10.000,. dan 3 buah nanas seharga Rp. 10.000,. Perjalanan pulang masih 1 jam lagi, saya mencari pom bensin terdekat untuk mengisi bensin motor yang sudah mulai habis. Saya kembali melanjutkan perjalanan pulang bersama Ade. Setelah tiba dirumah, saya penasaran untuk merasakan buah lontar yang tadi saya beli ternyata buah itu sulit sekali dibuka dan isi buahnya sedikit. Rasa penasaran saya sudah hilang akan rasa buah tersebut. Akhirnya setelah seharian berwisata dan beli buah tangan, saya merasa cukup lelah. Saya lalu mandi, sholat dan beristirahat. Kesan selama berwisata ke danau dora, menurut saya danau dora adalah danau yang indah akan pemandangan, udaranya sejuk dan nyaman sehingga saya merasa tidak ingin cepat pulang. Danau dora cocok bagi semua kalangan untuk berfoto bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar